Forkopimda Kota Kediri Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila

Forkopimda Kota Kediri Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar (depan kiri) dan Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto IM (depan kanan) serta Anggota Forkopimda Kota Kediri saat mengikuti upacara Harlah Pancasila secara virtual di ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Selasa (1/6). (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Anggota Forkopimda Kota Kediri mengikuti upacara bendera peringatan 2021 secara virtual di Ruang Joyoboyo , Selasa (1/6/2021) mulai pukul 08.00 WIB - 08.30 WIB.

Uniknya, ketika mengikuti Upacara secara virtual tersebut, semua anggota Forkopimda Kota Kediri memakai baju khas Kota Kediri dengan warna kebesaran ungu.

Upacara Bendera Peringatan 2021 dengan tema 'Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia tangguh' dengan Irup Presiden RI Ir. Joko Widodo itu diikuti seluruh jajaran pemerintahan pusat maupun daerah secara virtual.

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar, Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto IM, Kajari Kota Kediri Sofyan Salle, Dandim 0809 Letkol Inf. Rully Eko Suryawan.

Berikutnya, Kapolres Kediri Kota AKBP. Eko Prasetyo, Wakil Ketua PN Kota Kediri Maulia Martwenty Ine, dan Sekda Kota Kediri Bagus Alit.

Dalam amanatnya, Presiden RI Ir. Joko Widodo meminta agar peringatan di setiap tanggal 1 Juni ini benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

"Tantangan yang dihadapi Pancasila semakin berat. Untuk itu, semuanya harus mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetensi antar pandangan dan ideologi," tuturnya.

Revolusi Industri 4.0, lanjutnya, telah menyediakan kemudahan untuk berdialog dan komunikasi antar Negara, tidak mengenal usia dan waktu. Dengan demikian, perluasan dan pendalaman terhadap pancasila perlu cara yang luar biasa.

"Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ke-Indonesiaan. Kami mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, dan seluruh rakyat Indonesia bersatu untuk Indonesia maju seperti yang kita cita-citakan," tandas Presiden. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO